Kalimantan Timur

Ribuan Hewan Qurban di Samarinda Sehat, Dinas PKH Kaltim Bantu Petugas

Ribuan Hewan Qurban di Samarinda Sehat, Dinas PKH Kaltim Bantu Petugas Kadis PKH kaltim Munnawar saat menyerahkan bantuan pemotong hewan qurban kepada Pengurus Masjid Al Muhaimmin Perumahan Bukit Temindung Indah Samarinda

SAMARINDA (11/7-2021)

Menjelang Hari Raya Idul Adha 1442 H dimana ummat Islam yang mampu akan melaksanakan qurban sebagai bentuk ketaqwaan kepada Allah SWT, disambut Dinas Perternakan dan Kesehatan Hewan (DPKH) Kaltim dengan meningkatkan kemampuan petugas qurban.

Salah satu dukungan yang diberikan Dinas PKH Kaltim yakni memberikan peralatan hewan qurban ke Masjid serta Langgar di Samarinda. “Alhamdulillah, ada dua puluh unit bantuan alat potong hewan qurab yang dibagikan pada tahun 2021 ini,” terang Kadis PKH Kaltim, Munawwar, Ahad (11/7).

Bantuan alat potong hewan yang dibagikan, terang Munnawar, bertujuan memudahkan petugas saat melaksanakan tugas sebagai pemotong hewan qurban agar sesuai syariat Islam seperti mudah serta tidak menyakiti hewan. 

Hewan kurban, lanjutnya, tidak jauh berbeda dengan ternak yang disembelih untuk keperluan warga setiap harinya namun dalam pemotongan hewan untuk qurban ada beberapa syarat yang dipenuhi termasuk kesehatan hewan. 

Untuk menjamin kesehatan masyarakat, Dinas PKH bersama Dinas Pertanian atau Pertenakan se Kaltim, melakukan pemantauan bahkan telah memeriksa ribuan ekor hewan qurban yang dijual pedagang ternak. “Dengan pertemuan dengan jajaran pengurus masjid serta panitia qurban, diharapkan pengetahuan petugas akan kesehatan hewan meningkat sehingga asal potong yang akhirnya menyebabkan gangguan kesehatan masyarakat,” bebernya.

Terkait stok hewan qurban seperti sapi dan kambing di Samarinda, dijelaskan mencukupi. Berdasarkan data, di Samarinda saat ini terdapat 3.037 ekor hewan qurban yang sudah diperiksa tim dan dinyatakan sehat. “Hingga saat ini belum ada informasi hewan kurang sehat, Insya Allah semua sehat dan memenuhi syarat untuk menjadi hewan Qurban pada tahun 2021 ini,” ungkap Munnawar.(SK08)


editor@ivan

Penulis Sejak 01 Nov 2020