Kalimantan Timur

Pesan Gubernur Kaltim : Daging Kurban Dibagi Berjadwal dan Tanpa Kresek

Pesan Gubernur Kaltim :  Daging Kurban Dibagi Berjadwal dan Tanpa Kresek Kepala Dinas LH Kaltim Ence Ahmad Rafiddin Rizal

SAMARINDA (15/7-2021)

Masyarakat terutama Panitia Qurban Tahun 2021 diharapkan Gubernur Kaltim Isran Noor  memperhatikan kondisi lokasi pemotongan hewan qurban yakni tidak banya mempergunakan plastic yang tidak bisa terurai atau tidak ramah lingkungan.

Disarankan, daging yang dibagikan kepada masyarakat dibungkus dengan menggunakan pembungkus yang mudah terurai atau wadah makan yang ramah lingkungan seperti besek, daun pisang, pandan. “Jangan memakai kantong plastik konvensional atau yang tidak mudah teurai serta kantong plastic hasil daur ulang karena akan menimbulkan masalah lingkungan,” terang Kepala Dinas LH Kaltim  Ence Ahmad Rafiddin Rizal, Kamis (15/7).

Bersama Kepala Biro Humas Setda Kaltim, M Syafranuddin, disebutkan imbauan Gubernur Isran terkait kantong plastik ini  termuat dalam Surat Edaran (SE) tanggal 15 Juli 2021 yang ditujukan kepada kepala daerah se Kaltim untuk disebarluaskan kepada masyarakat terutama panitia pelaksana penyembelihan qurban.

Pria yang akrab disapa Rizal ini menyebutkan imbauan tidak menggunakan kantong kresek sesuai dengan surat edaran Menteri KLH dan Kehutanan RI tanggal 12 Juli 2021 tentang pelaksanaan Hari Raya Idul Adha tanpa sampah plastik.

Selain menghindari penggunaan sampaj plastik yang kerap digunakan sebagai pembungkus daging qurban, Gubernur juga mengingatkan masyarakat mentaati Protokol Kesehatan (Prokes) Covid 19 dengan cara membatasi warga yang datang baik saat proses pemotongan maupun pembagian daging. “Kalau perlu pembagiannya dijadwal seperti jam pertama pemegang kupon warna biru, kedua warna merah dan seterusnya jadi tidak terjadi kerumuman yang rawan terjadi penyebaran virus corona,”  timpal Syafranuddin.(*/SK07)


editor@ivan

Penulis Sejak 01 Nov 2020