Politik

Pendukung MAKIN Minta KPU Buka Kotak Bermasalah

Pendukung MAKIN Minta KPU Buka Kotak Bermasalah Pendukung MAKIN saat berorasi

SANGATTA (16/12-2020)

                Berbekal laporan pelanggaran UU  Pemilu, sejumlah pendukung Mahyunadi – Lulu Kinsu (MAKIN) menggelar aksi di  Jalan A Wahab Syahrani Sangatta Utara. Dengan membawa sejumlah spanduk dan mobil dengan sound system lengkap, mereka menuntut KPU meneliti sejumlah kecurangan.

                Aksi yang dijaga Polres Kutim ini sama sekali tak menganggu proses rapat pleno yang digelar di Sekretariat KPU Kutim. Bahkan jarak antara lokasi aksi dengan ruang rapat berjarak lebih 150 meter, praktis tuntutan yang disampaikan tak terdengar jajaran KPU dan Bawaslu Kutim.

                Aksi yang dimulai pukul 08.00 Wita atau 1 jam sebelum rapat dibuka Ketua KPU Kutim  Ulfa Jamiatul Faridah ini, sempat terjadi ketegangan. Melalui sound system, koordinator aksi meminta meminta keadilan dan menuntut  KPU Kutim  membuka kotak suara yang diindikasi ada kecurangan.

“Kita datang kesini untuk meminta keadilan,  KPU membuka kotak suara dari beberapa desa dan kecamatan karena ada indikasi kecuranga  namun  dikabulkan,” ujar Alex Bajo salah satu koordinator aksi.

Sementara, Nasruddin dari  Tim Pemenangan MAKIN   didampingi Hukum dan Advokat, Munir Perdana menyebutkan  ada enam temuan yang dilaporkan ke Bawaslu Kutim dan masih dalam proses. “Temuan dari tim ada lima awalnya lalu ada tambahan terbaru terkait rekaman suara dari salah satu paslon yang terindikasi mengarahkan ASN dan membicarakan soal uang ini jelas bagaimana maksudnya,  Bawaslu bertindak tegas,” sebut Nasruddin.

Baik Alex Bajo, Nasruddin dan Munir Perdana, menyatakan gelombang massa terus melakukan aksi hingga KPU dapat memberikan keadilan. “Kalah menang itu biasa, kita ada disini bukan tak terima kekalahan tetapi kita meminta keadilan. Banyaknya kecurangan ditemukan maka kebenaran harus ditegakkan,” sebut Nasruddin.

Tim Hukum dan Advokat  MAKIN,  memaparkan beberapa temuan  adanya RT 00, penggandaan KTP, penggunaan DPTB di TPS meningkat, rotasi yang dilakukan petahana serta temuan lainnya. (sK02/03/05)

editor@ivan

Penulis Sejak 01 Nov 2020