Nasional

Matangkan Pengoperasian Maloy, Isran Bertemu Menteri KLH

Matangkan Pengoperasian Maloy, Isran Bertemu Menteri KLH Pertemuan Gubernur Kaltim Isran Noor dengan Menteri KLH Siti Nurbaya yang khusus membahas KEK Maloy (Foto Ist)

JAKARTA (12/2-2021)

Masalah KEK Maloy menjadi perhatian antara Gubernur Kaltim Isran Noor dengan  Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan  (LHK) Siti Nurbaya. Sata keduanya bertemuu di Jakarta Jumat (12/2) berbagai persoalan dibahas diantaranya  untuk mengakselerasi operasionalisasi KEK Maloy  yang telah diresmikan  Presiden Joko Widodo pada 1 April 2019 lalu.

"Saya menyambut baik dan menjamin akan memberikan insentif, termasuk untuk pengadaan lahan kepada investor yang serius menanamkan modal ke KEK MBTK," sebut Gubernur Isran Noor dalam pertemuan tersebut yang diikuti kalangan terbatas itu.

Orang nomor satu di Pemprov Kaltim ini  mengapresiasi perhatian besar Menteri LHK Siti Nurbaya untuk membantu mempercepat operasionalisasi kawasan ekonomi khusus yang berada di Kecamatan Kaliorang Kutim ini.

Dalam pertemuan yang diikuti Kadis Perindag Kaltim, Yadi Robyan ini, beberapa masalah dibahas  antara lain  pengadaan lahan,  ketersediaan listrik, air bersih/SPAM, pelabuhan dan instalasi pengelolaan limbah/IPAL.

Menteri Siti Nurbaya menyarankan pelibatan Asosiasi Pengusaha Hutan Indonesia (APHI) untuk berinvestasi di KEK Maloy sesuai dengan   Permenko Perekonomian Nomor 15 Tahun 2017 yang menyebutkan bahwa salah satu bidang usaha yang merupakan kegiatan utama di KEK Maloy  adalah industri pengolahan kayu,  di samping industri pengolahan kelapa sawit, industri energi dan logistik. 

“Pelabuhan KEK Maloy akan menjadi penyangga utama arus distribusi dari produk industri perusahaan yang bakal masuk ke kawasan tersebut,” sebut Yadi Robyan.(sK012)


editor@ivan

Penulis Sejak 01 Nov 2020