Kutai Timur

Kutim Antisipasi Karhutla

Kutim Antisipasi Karhutla Penyerahan bantuan peralatan untuk mencegah Karhutla di Kutim (Foto Ist)

SANGATTA (8/2-2021)

Mewasdapai terjadinya kebakartan lahan dan hutan (Karhutla) di Kutim, pemkab bersama aparat TNI dan Polri, Senin (8/2) menggelar  apel gabungan kesiapsiagaan terhadap Karhutla. Apel yang digelar dihalaman Kantor Bupati Kutim ini, ditandai dengan penyerahan penghargaan, peralatan, dan kendaraan kepada instansi pemerintahan yakni Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) serta beberapa instansi vertikal.

“Bantuan fasilitas senilai Rp60 M yang ada  sebagai bentuk dukungan kepada instansi terkait untuk pencegahan kebakaran hutan dan lahan di Kutim,” ujar Plt Bupati Kutim Kasmidi Bulang.

Diakui, Karghutla menjadi momok karena kerap terjadi sehingga menyebabkan kesegatan. Tak heran, Kasmidi mengajak agar seluruh instansi turut mendukung dan membantu dalam pencegahan dan penanganan Karhutla. “Kebakaran hutan dan lahan merupakan tanggung jawab kita bersama, tidak lagi tanggung jawab suatu kelompok atau individu melainkan kita harus bekerjasama,” sebutnya.

Ia menyebutkan, sejumlah peralatan dan kelengkapan pemadaman api diberikan kepada berbagai instansi dengan harapan adanya dukungan dari berbagai pihak untuk mencegah terjadinya Karhutla. 

Di apel yang melibatkan banyak pihak itu, bantuan yang diserahkan terdiri 12 unit mobil dan 16 unit motor patroli diberikan ke beberapa kecamatan di Kutim untuk memudahkan akses ke berbagai lokasi untuk mengantisipasi terjadinya Karhutla.(sK02)


editor@ivan

Penulis Sejak 01 Nov 2020