Kesehatan

Bahrani : Vaksin Covid 19 Masih Dinati, Nakes Sudah Disiapkan

Bahrani : Vaksin Covid 19 Masih Dinati, Nakes Sudah Disiapkan Masyarakat yang terpapar Covid 19 Saat Menjalani Masa Karantina Oleh Pemkab Kutim

SANGATTA (26/12-2020)

Seraya menanti kedatangan vaksin Corona, sejumlah tenaga medis dipersiapkan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kutim untuk bisa melaksanakan gerakan vaksinasi. Meski demikian, belum diketahui berapa banyak vaksin yang bakal diterima Kutim.

Kepala Dinkes Kutim Bahrani Hasanal menerangkan tenaga kesehatan yang dipersiapkan harus dilatih agar tidak salah dalam melakukan tugas. Diakui, menyuntikan vaksi Corona tidak jauh berbeda dengan vaksin lainnya namun ada SOP yang harus diperhatikan baik oleh petugas maupun masyarakat yang menerima vaksin.

“Pelatihan dilakukan agar semua memahami baik petugas maupun masyarakat yang akan divaksin, namun peratutan Menkes yang akan mendapatkan vaksin yakni tenaga kesehatan, aparat keamanaan termasuk sejumlah pihak yang dianggap perlu segera mendapat vaksin,” bebernya.

Bahrani mengakui dalam sepekan terakhir, informasi terkait vaksin belum ia dapatkan pasti pasalnya Pemprov Kaltim juga belum mendapat informasi dari Pemerintah Pusat terutama dari Kementrian Kesehatan dan Satgas Covid 19. 

Meski belum ada kabar mendapat vaksin yang sudah dibeli pemerintah dari Cina ini, Dinkes Kutim, ditegaskan Bahrani tidak berdiam diri dengan tujuan saat menerima vaksin, sudah segera digunakan. 

Disinggung penyebaran virus Corona di Kutim, ia tidak membantah akibat terbukanya pintu masuk ke Kutim selain itu aktifitas masyarakat yang masih longgar dalam menerapkan Prokes Covid 19. 

Terkait manfaat vaksin Covid 19, diakui Bahrani salah satu upaya menekan penyebaran virus corona agar tidak menyebar kemana-mana, namun diakui kesadaran masyarakat dalam menerapkan Prokes Covid 19 tetap dilakukan. “Meski nanti vaksin corona sudah diberikan kepada masyarakat, Prokes Covid 19 tidak boleh kendor,” imbuhnya.(sK05)

editor@ivan

Penulis Sejak 01 Nov 2020