Nasional

Isran : Pemindahan IKN ke Kaltim, Semua Daerah Merasakan Dampaknya

Isran : Pemindahan IKN ke Kaltim, Semua Daerah Merasakan Dampaknya Gubernur Kaltim Isran Noor saat menerangkan soal pemindahan IKN di TVRI Jakarta.

SAMARINDA (3/7-2021)

Gubernur Kaltim  Isran Noor optimis pertumbuhan ekonomi Kaltim  tumbuh sebesar 7 persen jika pemindahan Ibukota Negara Republik Indonesia jadi diwujudkan. Itu dijelaskanya saat berlangsung dialog di TVRI Jakarta, Sabtu (3/7).

Dalam dialog yang dipandu Herdina Suherdi, secara khusus mengangkat tema "Kesiapan Kaltim Menerapkan PPKM dan Ibu Kota Baru".

Mengenakan kemeja batik, Isran menyebutkan, dalam hitungnya  meski IKN dibangun dengan dana pemerintah, swasta dan Kerja Sama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU) otomatis  akan meningkatkan pertumbuhan ekonomi  Kaltim.

Dalam acara yang disiarkan dari   Studio 4 TVRI di Jakarta itu, dijelaskan dampak pembangunan IKN terhadap pertumbuhan ekonomi nasional diperkirakan sebesar 3-4 persen.  Peningkatan pertumbuhan ekonomi 7 persen itu lanjut Isran, jelas berdampak terhadap peningkatan kesejahteraan 3,7 juta penduduk Kaltim.

Disebutkan, Pemindahan IKN akan berdampak pula terhadap pembangunan infrastruktur baik berupa bangunan perkantoran, waduk, jembatan  maupun jalan dari investasi negara.  Termasuk pula akan mendorong pergerakan barang dan jasa ke Kaltim. "Pemindahan ibu kota negara ini sudah lama dipikirkan pemerintah bahkan sejak  Presiden Soekarno, sekitar tahun 60an. Presiden Soeharto juga berencana memindahkan ibu kota negara. Presiden SBY juga, dan sekarang Presiden Jokowi. Sejak 2015 Pak Jokowi bahkan sudah melakukan kajian, dan Kaltim akhirnya yang dipilih," ungkap Isran.

Diakuinya, Ibukota negara milik bangsa Indonesia. Iapun menandaskan, secara geografis Kaltim berada di tengah-tengah Republik Indonesia. Hanya saja, ia mengakui Covid 19 memberi dampak lain namun ia optimis Kaltim tetap menjadi pusat pemerintahan RI.

"Pasti ada hikmah yang lebih baik dari ujian ini. Kalau kita terima dengan ikhlas dan sabar, Allah akan berikan manfaat yang lebih besar. Jadi jalani saja, tetap bekerja untuk mencapai apa yang kita inginkan," seru Isran seraya menambahkan jika IKN di Kaltim bukan warga Kaltim saja merasakan tetapi semua daerah.(SK07)


editor@ivan

Penulis Sejak 01 Nov 2020