Kutai Timur

Hujan Lebat, Air Laut Pasang : Sangatta Banjir

Hujan Lebat, Air Laut Pasang : Sangatta Banjir Kondisi Gang Taruna Sangatta Utara saat dilanda banjir tahun 2022

SANGATTA (19/3-2022)

               Curah hujan yang tinggi tak mampu ditampung Sungai Sangatta yang juga terkena dampak pasang air laut. Akibatnya, ratusan rumah, Gedung serta fasilitas umum di Sangatta Utara dan Sangatta Selatan, terendam.

               Banjir yang melanda Sangatta ini  menyebabkan ribuan warga di kedua kecamatan harus mencari tempat aman dengan membawa sejumlah barang berharga lainnya. Sementara barang-barang yang tak mampu diamankan, dibiarkan terendam. “Untuk membawa semua barang tak mungkin, jadi yang penting-penting saja dulu diamankan termasuk pakaian kering,” sebut Ayu -warga Gang Taruna Jalan Diponegoro Sangatta Utara.

               Banjir yang melanda Ibukota Kutim ini, diakui sejumlah warga lebih parah dari tahun 2001 lalu. “Sata itu mau pelantikan Pak Awang Faroek dan Mahyudin sebagai Bupati dan Wabup Kutim,” kenang Udin – warga Sangatta Utara seraya menceritakan kondisi banjir.

               Namun,  Kadir (65) warga Sangatta lainnya mengakui banjir serupa pernah terjadi sebelum tahun 2001. Kadir yang sudah lama tinggal di Sangatta, menyebutkan  banjir yang terjadi tahun 2001 cepat surut karena masih banyak daerah serapan air yakni rawa-rawa masih luas. “Sekarang ini bisa jadi karena sudah berkurang daerah resapannya,” ungkapnya seraaya berbenah-benah mengamankan barang.

               Banyaknya warga masyarakat yang terdampak banjir, Pemkab Kutim dibantu Kodim 0909 Sangatta, Polres, Lanal serrta puluhan Ormas berusaha membantu masyarakat untuk terhindar dari banjir termasuk menyediakan makanan.

               “Pemkab Kutim terus berupaya, dan memaksimalkan semua kekuatan yang ada untuk membantu masyarakat terutama warga masyarakat yang berada kesulitan untuk keluar dari banjir,” sebut Bupati Kutim Ardiansyah Sulaiman.

Dalam catatan Swara Kutim.com, sebelum banjir, Sangatta dan sejumalh kecamatan lainnya dilanda hujan lebat. Akibat hujan yang intensitasnya tinggi ini , sejumlah wilayah sudah mulai kebanjiran.(SK04)

 

editor@ivan

Penulis Sejak 01 Nov 2020