Nasional

Festival Noken Daya Tarik PON XX Papua

Festival Noken Daya Tarik PON XX Papua Kepala Biro Adpim Setda Kaltim M Syafranuddin ketika berada di Festival Noken yang digelar menyemarakan PON XX Papua

SAMARINDA (2/10-2021)

Memanfaatkan waktu luang selama berada di Jayapura – Papua, Kepala Biro Administrasi Pimpinan (ADPIM) Setda Kaltim, M Syafranuddin menyempatkan keliling Kota Jayapura untuk melihat keadaan kota yang kali pertama ia datangi.

Selama berkeliling kota, ia berkunjung ke Festival Noken sebuah areal yang menyediakan penjualan Noken buah karya ibu-ibu pedalaman Papua. 

Tas khas Papua yang terbuat dari kulit kayu ini, dijual dengan harga terjangkau meski ibu-ibu yang datang ke Jayapura, harus menempuh perjalanan selama tiga hari. “Kami senang bisa datang ke Jayapura ini untuk menjual Noken, harapan kami banyak pengunjung karena PON ini banyak yang datang,” kata Ibu Hubertina Mote salah seorang perajin ketika dijumpai Syafranuddin di areal Festival Noken.

Festival Noken yang digelar di Taman Imbi Jayapura ini, tidak seperti festival yang kerap terjadi di sejumlah kota dimana ada sound sistem yang bagus, meja dan hiasan aneka warna. Di Festival Noken yang ada hanya lapak-lapak para perajin yang jumlahnya. “Semua perajin yang kesemuanya ibu-ibu duduk berjejer rapi menjual buah karya mereka, sejumlah pengunjung banyak yang tertarik terutama yang baru kali datang ke Jayapura,” sebut Syafranuddin.

Selain mengunjungi Festival Noken, Jubir Gubernur Kaltim ini juga sempat berkunjung ke sejumlah obyek lainnya seperti pantai, serta kawasan bukit untuk melihat keindahan Kota Jayapura , pasar tradisional yang ternyata bersih dan tertata rapi. “Kalau soal makan, jangan takut banyak sekali warung-warubg makan yang dikelola warga pendatang baik dari Pulau Jawa maupun Sulawesi,” jelasnya yang pagi tadi sempat menikmati masakan khas Papua yakni Papeda.(*/SK07)

editor@ivan

Penulis Sejak 01 Nov 2020