Kutai Timur

Dorong Ekonomi Masyarakat, BLKI Kutim Latih Pembuatan Masker

Dorong Ekonomi Masyarakat, BLKI Kutim Latih Pembuatan Masker Peserta pelatihan membuat masker yang digelar BLKI Kutim

SANGATTA (23/11)

Pandemic Covid 19 menyebabkan turunya pendapatan masyarakat, namun masyarakat tidak boleh pasrah tetapi harus bisa bangkit di tengah gempuran virus corona. Untuk melawan Covid 19 yang berdampak terhadap ekonomi rakyat, masyarakat  dituntut  lebih kreatif dan inovasi untuk memenuhi tuntutan kebutuhan hidup sehari-hari.

Salah satu usaha yang digairahkan untuk mendorong ekonomi rakyat, dijawab  UPT Balai Latihan Kerja Industri (BLKI)  Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi  Kutai Timur (Kutim) dengan menggelar pelatihan menjahit terutama  membuat masker.

Plt Kepala Dinas Tenaga kerja dan Transmigrasi Kutim, Sudirman Latif mengatakan di masa pandemi ini, sangat diperlukan adanya perhatian dari pemerintah untuk memberikan solusi agar masyakarat bisa keluar dari kesulitan ekonomi. 

Salah satu cara untuk meningkatkan ekonomi dimasa pandemi ini yakni dengan memberikan pelatihan dan keterampilan khususnya, kepada sejumlah perwakilan dari sejumlah kecamatan yang ada di Kutim. Agar kedepan bisa secara mandiri bisa memproduksi masker dan menjual di masing-masing wilayahnya.

“BLKI mandiri mendapatkan jatah untuk melatih perwakilan dari 10 kecamatan, karena keterbatasan anggaran, untuk dilatih membuat masker khususnya agar mereka bisa mandiri nantinya dan bisa menjual masker,” bebernya 

Lebih lanjut, Sudirman Latif menambahkan para perwakilan kecamatan yang diberikan pelatihan membuat masker ini, merupakan para penjahit pemula yang diberikan pelatihan secara khusus dari para instruktur.

  “Ini para penjahit pemula yang di berikan pelatihan. Tapi kerena keterbatasan anggaran dan waktu kita di tahun anggaran ini. Sehingga kita lebih memfokuskan bagimana menanggulangi dampak covid-19 ini, yang diberikan kepada penjahit pemula ini. Agar setelah ini mereka bisa hidup mandiri,” terangnya.(03)


editor@ivan

Penulis Sejak 01 Nov 2020