Kalimantan Timur

BP2UPK Dukung Penghijauan Tol Balsam

BP2UPK Dukung  Penghijauan Tol Balsam Uji Coba Penanaman sejumlah pohon di ruas Tol Balsam oleh PT Jasa Marga dan BP2UPK

SAMARINDA (23/4-2022)

            Badan Pengelola Pangan Untuk Penghijauan Kaltim  (BP2UPK) bersama PT  Jasamaraga Balikpapan Samarinda, melakukan uji coba penanaman pohon di Km 57 Tol Balikpapan – Samarinda.

            Uji coba yang dilakukan di lahan yang banyak mengandung batubara  dengan kelerengan cukup curam, terang Adi Dharma Arif – Ketua BP2UPK bertujuan untuk pengurangan erosi di ruas Tol Balsam sekaligus penghijauan.

Di kegiatan yang digelar pertengahan bulan April lalu ini, BP2UPK menugaskan Henny Herdiyanyo dan Duratmo Momo untuk mengikuti kegiatan yang digelar Jasamarga dengan tugas memberikan dukungan saran.

            “Bibit yang ditanam  Bintoro, Karet Kebo dan Glodokan masing-masing sebanyak 30 pohon dengan tinggi pohon antara 1 hingga 2 meter,” terang Adi Dharma Arif seraya menambahkan semua bibit sebelum ditanam diareal KM 57 Tol Balsam terlebih dahulu dirawat selama satu bulan.

            BP2UPK, kata  Adi Dharma Arif menyarakan agar uji coba berhasil, PT Jasamarga melakukan pemeliharaan intensif dan berkala, kemudian untuk mengurangi erosi permukaan tanah segera melakukan penanaman diareal sudah terbuka dengan tanaman cover crop. “Penanamannya dilakukan dari puncak lereng karena tanama akan merambat ke bawah hingga menutupi permukaan tanah,” pesannya.

            BP2UPK, lanjut Adi Darma Arif mendukung program PT Jasa Marga dalam rangka melakukan penghijauan di sepanjang Jalan Tol Balsam karena selain membuat jalan lebih hijau juga berdampak terhadap pelestarian lingkungan hidup.(SK08)

editor@ivan

Penulis Sejak 01 Nov 2020