Kutai Timur

Berkat Perjuangan Irwan, Pusat Gelontorkan Rp30 M Untuk Penyeberangan Dari Sangkulirang ke Peridan

Berkat Perjuangan Irwan, Pusat Gelontorkan Rp30 M Untuk Penyeberangan Dari Sangkulirang ke Peridan Kepala BPTD wilayah XVII Kaltim-Kaltara, Avi Mukti Amin bersama Kadishub Kutim Rizali Hadi

SANGATTA (29/1-2021)

Jika tidak ada aral melintang, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Dirjen Perhubungan Darat melalui Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Wilayah XVII Kaltim-Kaltara, akan  membangun penyeberangan Tanjung Keramat menuju Dermaga Peridan Sangkulirang  Kutai Timur (Kutim).

Menurut Kepala BPTD wilayah XVII Kaltim-Kaltara, Avi Mukti Amin,  pembangunan penyeberangan di Sangkulirang ini harus dikerjakan secara bersama-sama sesuai dengan kewenangan masing-masing. 

Saat  memimpin rakor lintas sektor percepatan pembangunan dermaga penyeberangan Tanjung Keramat, Rabu (27/1) diakui, ditemukan semangat sinergitas antara para pihak. Dalam repat yang diikuti  Asisten Perekonomian dan Pembangunan Suroto, Kadishub Kutim Rizali Hadi, Plt Kadis Kutim PU Witono, dibahas banyak hal.

Avi mengakui terbangunnya dermaga Tanjung Keramat  bisa meningkatkan roda ekonomi di Sangkulirang, Kutim bahkan Kaltim. Terkait   pembangunan dermaga, diakuinya  berdasarkan kondisi  Sangkulirang dimana diperlukan   pengembangan  lainnya. Karena, banyaknya perusahaan disekitar wilayah Sangkulirang membutuhkan koneksivitas dari pulau satu ke pulau lainnya. 

Menyinggung anggaram, ia mengakui disediakan Rp 30 Miliar, sesuai dengan kajian teknis namun diakui bisa  bertambah. Avi tak membantah, jika program pembangunan penyeberangan yang menyedot dana APBN ini, berkat support Irwan – anggota DPR-RI dari Fraksi Demokrat.  “Saya kira ini, merupakan peluang bagi Kaltim untuk pengembangan wilayah dan ekonomi,” sebutnya.

Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Suroto mewakili Plt Bupati Kutim, menyambut baik pembangunan penyeberangan tersebut. Ia berharap seluruh instansi terkait bisa terlibat memberikan kontribusi dalam percepatan pembangunan dan jika bisa selesai diakhir tahun 2021 ini. “Pemkab Kutai Timur mendukung dan mengapresiasi pemerintah pusat dalam pembangunan dermaga. Semoga saja segera terwujud, agar memudahkan transportasi laut antar pulau di kecamatan Sangkulirang,” ujar Suroto.(sK03)


editor@ivan

Penulis Sejak 01 Nov 2020