Nasional

Bappenda Buka Layanan Samsat di Pelosok Paser

Bappenda Buka Layanan Samsat di Pelosok Paser Disaksikan Kepala Bappenda Kaltim Ismiati, Gubernur Isran Noor tampak serius berdialok dengan petugas Samsat Paten Batu Enggau.(Foto Humas Kaltim)

SAMARINDA (27/1-2021)

Rentang kendali dalam pelayanan public terus dipangkas Pemprov Kaltim, terutama menyangkut kemudahan masyarakat membayar kewajibannya kepada negara. Kantor Camat yang selama ini hanya melayani urusan tertentu, kini dipadukan menjadi tempat pembayaran pajak kendaraan (PKB).

Gubernur Kaltim Isran Noor mengakui modal untuk membuka satu unit layanan Samsat tidak sedikit namun demi kepentingan masyarakat, wajib dilaksanakan. Meski demikian kedepan, investasi yang ditanamkan akan kembali seiring meningkatnya kesadaran masyarakat membayar PKB.

Saat meresmikan Samsat  Pembantu Pelayanan Terpadu (paten)  di Kecamatan Batu Engau, Paser, Rabu (27/01), diungkapkan lemahnya masyarakat membayar PKB karena selama ini jarak dengan tempat membayar terlalu jauh. “Bisa dibayangkan berapa waktu warga Batu Engau ke Paser untuk membayar pajak, akibtanya biaya menjadi besar dan membebani sehingga melemahkan semangat warga untuk membayar kewajibannya,” ungkap Isran dalam acara yang dihadiri  Wakil Bupati Paser Kaharudin, Asisten Administrasi Umum Setda  Kaltim Fathul Halim, Dandim 0904 Tanah Gerogot  Letkol Czi Widya Wijanarko, perwakilan Ditlantas Polda Kaltim dan Jasa Raharja Kaltim. 

Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kaltim  Ismiati menerangkan  Samsat Pembantu Paten di Batu Engau menjadi Samsat kelima yang beroperasi di Paser sebelumnya Samsat Induk Paser di Tanah Grogot, Samsat Penuh di Long Ikis dan Samsat Payment Point di Muara Komam. 

"Bappenda ingin  mempermudah dan memperlancar layanan pembayaran PKB di wilayah Kabupaten Paser terutama di 13 Desa di Kecamatan Batu Engau dan 3 Desa di Kecamatan Tanjung Harapan. Saat ini di Kecamatan Batu Engau ini tercatat penduduknya kurang lebih 20.047 jiwa, dengan potensi kendaraan bermotor sebanyak 11.366 unit kendaraan bermotor," jelasnya seraya menyampaikan penghargaan kepada Camat Batu Engau yang mendukun pembentukan Samsat Paten di Batu Engau.(sK08)


editor@ivan

Penulis Sejak 01 Nov 2020