Kutai Timur

Ardiansyah : Masyarakat Diedukasi Menghadapi Bencana

Ardiansyah : Masyarakat Diedukasi Menghadapi Bencana Bupati Kutim Ardiansyah Sulaiman saat memimpin Rakor Tanggap Darurat Banjir di Sangatta

SANGATTA (2/4-2022)

Bencana alam seperti banjir yang terjadi di Sangatta, harus membuat manusia lebih  bijaksana dan melakukan refleksi untuk lebih baik. Belajar bencana yang terjadi belum lama ini, diharapkan Bupati Kutim Ardiansyah  perlu dilakukan  mitigasi untuk mengurangi risiko bencana.

Mitigasi bencana, kata Ardiansyah, dapat dilakukan melalui pembangunan secara fisik maupun peningkatan kemampuan menghadapi ancaman bencana sehingga siap ketika terjadi bencana termasuk  pemulihan.

Dalam Rapat Koordinasi (Rakor) tanggap darurat banjir di Sangatta di Posko BPBD Kutim, Sabtu (2/4), ditegaskan  banjir yang terjadi belum lama ini bukan soal siklus tahunan,  namun harus  menjadi pelajaran berharga bagaimana menyusun kesiapan dan kesigapan kita dalam menghadapi segala bentuk bencana seperti banjir, tanah longsor, kebakaran hutan dan lahan. “Bagaimana setiap OPD maupun elemen masyarakat agar tahu apa dan siapa melakukan apa, bagaimana saat terjadi kedaruratan,” ujar Ardiansyah dalam Rakor yang diikuti Forkopimda dan sejumlah Kepala OPD.

Kepada wartawan, disebutkan,  hal penting   pasca banjir yang melanda Sangatta Utara dab Selatan yakni  BPBD Kutim  segera untuk menyusun laporan resmi berdasarkan  data yang akurat dan lengkap agar bisa dipertanggungjawabkan kepada seluruh pihak yang berkepentingan.

 BPBD dan  OPD terkait kebencanaan seperti Dinas Sosiual, PUPR, ujar Ardiansyah  menyusun mitigasi bencana secara profesional. Namun, ia berharap masyarakat diedukasi agar bisa siap jika terjadi bencana baik banjir maupun lainnya.  “Radio Pemkab harus aktif menyampaikan pesan-pesan atau himbau terkait kewaspadaan seperti banjir yang kerap terjadi di Kutim,” ungkapnya.(SK7)


editor@ivan

Penulis Sejak 01 Nov 2020