Nasional

60 Ribu Calon Haji Tahun 2021, Siap-Siap Ke Arafah

60 Ribu Calon Haji Tahun 2021, Siap-Siap Ke Arafah Suasana Kota Makkah

SANGATTA (17/7-2021)

Pemerintah Arab Saudi, menetapkan jamaah haji tahun 2021 sebanyak 60 ribu orang, dari ribuan calon jamaah haji yang mendapat kesempatan berhaji di tengah Pandemic Covid 19 ini terdapat sejumlah warga Indonesia yang kini berada di Arab Saudi.

Abdurahman (52)  yang sudah lama bermukim di Makkah, menerangkan ada 500 ribu orang yang mendaftar untuk bisa melaksanakan haji. “Warga Arab Saudi yang berangkat haji ratusan ribu namun jumlahnya dibatasi dan bayar layaknya ONH,” terang pria asal Banjarmasin Kalsel ini.

Melalui pesan WA, dijelaskan semua jamaah haji tahun 2021 akan dihandel travel yang ditunjuk Pemerintah Arab Saudi. Semua jamaah, jelasnya mulai melakukan aktifitas terkait haji mulai Sabtu (17/7) siang.

“Jamaah haji  yang akan ke Arafah nanti sebelumnya mendaftar sejak beberapa tahun lalu, namun pendaftaran dan penentuannya melalui  online dengan syarat sudah vaksin,  berusia 18-65 tahun dan tidak menderita penyakit kronis,” bebernya.

Nantinya, ujar Abdurahman jamaah akan dibawa ke Arafah menggunakan bus untuk melaksanakan tawaf, setelah itu menuju Mina guna melempar jamarat termasuk bermalam di Mina. “Proses haji ditetapkan selama lima hari, kini jamaah sudah siap-siap menuju Arafah untuk menempati pemondokan yang sudah disiapkan sesuai biaya yang dibayarkan pada saat mendaftar,” jelasnya.(SK01)


editor@ivan

Penulis Sejak 01 Nov 2020