Kutai Timur

2 Pelajar kutim Raih Perunggu KSN 2020

2 Pelajar kutim Raih Perunggu KSN 2020 Magdalena Ariadne Sinaga saat mengikuti babak Final KSN Tahun 2020 (Foto Ist)

SANGATTA (8/11)

Nama Kutim kembali bersinar se Indonesia, kali ini lewat Magdalena Ariadne Sinaga yang berhasil meraih Medali Perunggu di Ajang Kompetisi Sains Nasional (KSN) Cabang IPA Tahun 2020. Putri Poltak Tarsius Sinaga ini masih duduk dibangku kelas 9 SMP YPPSB.

Selain Alena – sapaan Magdalena Ariadne Sinaga, seorang pelajar asal Daniel Evan dari SMP Negeri 2 Bengalon, juga meraih medali sama. KSN Tahun 2020  dikuti 203  pelajar se Indonesia, tak heran KSN yang digelar Kemendikbud dan Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) menjadi lomba bergensi dan banyak peminatnya. “Peserta tidak langsung mengikuti lomab svara nasional tetapi bertahap,” terang Chasanah dan  Sulawiskita yang aktif membimbing Alena.

Disebutkan, KSN  digekar setiap tahun dengan menggelar cabang  Matematika, IPA dan IPS.KSN 2020, terang Chasanah, rencananya digelar  di Jawa Barat karena pendemi corona dilaksanakan secara virtual. “Babak Final  KSN berlangsung tanggal 2 dan 3 November 2020 dimana hari pertama siswa melakukan ujian praktik dan di hari kedua mereka melaksanakan ujian teori melalui aplikasi di gawai mereka masing-masing,” timpal Sulawiskita.

Disebutkan,  penghargaan yang disiapkan panitia sendiri di cabang IPA adalah 10 medali emas, 15 medali perak dan 20 medali perunggu.

Di ajang tersebut, Alena bersaing dengan pelajar seluruh Indonesia. Meski berada di Sangatta, Alena tak kalah dengan peserta lainya. Di cabang IPA, Kaltim diikuti  Benediktus Gratio Eka Putra Pujianta dari SMPN 1 Long Bagun Mahakam Ulu , kemudian Magdalena Ariadne Sinaga (SMP YPPSB Sangatta Utara  Kutai Timur), Michael Colin Ariyanto (SMPN 1 Sangatta Utara Kab. Kutai Timur) Lavinia Amanda Nur Fadila (SMP Nasional Kps Kota Balikpapan) dan  Daniel Evan Koyongian dari SMPN 2 Bengalon Kutai Timur.(04)


redaksi

Penulis Sejak 01 Nov 2020