Pendidikan

Wabup Kasmidi : Pemkab Sediakan Dana Operasional STIPER

Wabup Kasmidi : Pemkab Sediakan Dana Operasional STIPER Hearing DPRD Kutim terkait nasib STIPER Sangatta

SANGATTA (12/4-2022)

Pemkab Kutim selalu memperhatkan Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian (STIPER) Sangatta, wujud dukungan itu melalui digelontorkannya dana meski tidak dalam jumlah besar, namun memenuhi permintaan pihak yayasan dan pengelola STIPER.

Wabup Kutim Kasmidi Bulang, menyebutkan apa yang terjadi di STIPER saat ini  bukan masalah penganggaran namun karena  tidak  kurang  transparansi dalam pengelolaan anggaran.

Kasmidi menyarankan untuk menyelesaikan  masalah di STIPER harus ada pembenahan internal baik di yayasan maupun akandemis STIPER. Dengan kepengurusan yayasan STIPER telah selesai masa baktinya,  perlu dilakukan pembaharuan.

Iapun menyarankan, untuk mengisi posisi pengurus  di Yayasan dilakukan fit and proper test untuk mencari orang yang memang punya ide, inovasi untuk melakukan pengembangan yayasan ini.   “Terkait dengan pengelolaan pendidikan, untuk regenerasi berikutnya.  Karena itu harus dipilih orang yang memang mampu di bidangnya,” katanya seraya menambahkan masalah anggaran tidak masalah karena pemerintah dan DPRD siap menganggarkan sesuai kebutuhan.

STIPER dan Yayasan, sebut Kasmidi  mengusulkan Rp9,5 miliar da saat ini  siap Rp3,5 miliar, sisanya akan ditambah pada ABT mendatang.   Yang perlu sekarang, ungkap Kasmidi, bagaimana melakukan pembenahan di internal akademik  dan yayasan dalam pengelolaan anggaran.

Meski ada masalah, Kasmidi perkuliahan di STIPER tetap jalan, karena Pemkab Kutim  sudah komitmen memberikan anggaran berdasarkan kemampuan saat ini.

Sebelumnya dalam pertemuan di DPRD Kutim, pihak yayasan mengaku hanya tanda-tangan sehingga tidak mengetahui Hibah Pemkab Kutim selama ini diapakan. Di lain pihak, di internal akademik tidak terjadi keterbukaan sehingga penggunaan anggaran hanya diketahui kalangan tertentu.(SK07)

        

editor@ivan

Penulis Sejak 01 Nov 2020