Pendidikan

Sibuk Dengan Pilkada, Diam-Diam KB Sukses Raih Gelar Doktor

Sibuk Dengan Pilkada, Diam-Diam KB Sukses Raih Gelar Doktor Kasmidi Bulang bersama istri usai penetapannya sebagai peraih gelar Doktor pada Unmer Malang.(Foto ist)

SANGATTA (18/12-2020)

Meski Pilkada menguras energy dan perhatian, ternyata Kasmidi Bulang tetap memperhatikan studinya Doktor di Universitas Merdeka (Unmer) Malang Jatim. Tak heran, ketika perhitungan suara timnya menampaknya keberhasilan, ia dengan tenang menjawab semua pertanyaan tim penguji desiertasinya.

Alhasil, pria yang akrab disapa KB ini, Rabu (16/12) saat KPU mulai membuka satu persatu kotak hasil rekapitulasi Pilkada, ia oleh  Prof Dr Agus Sholahuddin MS, Prof Dr Bonaventura Ngw MS, Dr Wahyu Wiyani M Si, Prof Dr FX E Armada Riyanto CM, Prof Dr Bambang Satriya SH MH, Dr Praprtining Sukowati SH M Si, Dr Dwi Suharnoko M Si dan Dr Roos Widjajani M Si dinyatakan lulus dan berhak menyandang gelar Doktor dengan predikat caumlaude. “Ini kado terindah hari ini, terima kasih masyarakat Kutim, keluarga dan teman-teman yang selama ini ikut membantu saya dalam menyelesaikan tugas kampus ini,” ujar Kasmidi yang memulai kuliah di Unmer sejak beberapa tahun silam.

Disaksikan istri dan anak-anaknya serta keluarga besarnya, Kasmidi mengaku sempat kelelahan namun karena semangat keluarga dan teman-teman, akhirnya semua bisa diraih bersamaan. Yang menarik, KB yang lulusan sarjana teknik saat menempuh pendidikan S3 ia melakukan penelitian dibidang seni dan kebudayaan sehingga disertasinya terkait Hudoq dan Ada Lompai yang kini dilestarikan masyarakat Muara Wahau.

Ketertarikan KB terhadap Hudoq dan Lomplai, tiada lain ia melihat ada nilai lebih dari Hudoq dan Lomplai. “Hudoq dan Lomplai satu kesatuan yang mempunyai arti penting dalam pelestarian budaya bangsa, selain itu mampu menunjang kepariwisataan di Kaltim karena Lomplai yang merupakan adat Dayak Wehea hanya ada di Kutim,” tandasnya seraya menyebutkan sudah lama melakukan penelitian terhadap Hudoq dan Lomplai.(sK04)


editor@ivan

Penulis Sejak 01 Nov 2020