Nasional

Sapi Sumbangan Presiden Beratnya 900 Kg

Sapi Sumbangan Presiden Beratnya 900 Kg Sapi Banpres Jokowi Untuk Masjid Nurul Mu'minin Samarinda ketika diserahkan Kadis PKH Kaltim ke pengurus masjid.(Foto Ist)

SAMARINDA (19/7-2021)

Menjadi tradisi, setiap tahun, Presiden Jokowi menyalurkan sumbangannya berupa sapi untuk disembelih dan dibagokan kepada masyarakat. Tahun ini, Sapi Bantuan Presiden RI jenis Simental diserajkan ke Panitia Qurban  Masjid Nurul Mu'minin Samarinda.

Sapi beratnya diperkirakan lebih 400 Kg ini, Senin (19/7) diserahkan Kepala Dinas Peternakan Kaltim Munawwar kepada Ketua Pengurus Masjid  Ikhsan. "Alhamdulillah Bantuan Presiden berupa  sapi telah diterima Pengurus Masjid untuk disembelih pada Idul Adha tahun 2021," sebut Munawwar seraya menerangkan sapi jantan asal  Desa Muang Samarinda Utara dibeli langsung Sekretariat Negara.

Dijelaskan, sapi yang punya bobot terbesar di sejumlah sapi yang ada Masjid Nurul Mu’minin ini, sesuai dengan syarat yang diberikan Setneg. Meski demikian,  Dinas Peternakan Kaltim penya tugas yakni mencari penjual,  mengambil sample kesehatan hewan, mengawasi dan mengatur pengangkutan ke Masjid Pemprov Nurul Mu'minin.

"Alhamdulillah Kaltim dapat juga jatah dari Bantuan Presiden, karena  tahun 2021 ini  hanya 13 Provinsi saja yang menerima, termasuk Kaltim," jelasnya seraya menerangkan bobot sapi Banpres Jokowi seberat 900 Kg.

Sapi yang dingkut dengan truk ini, sebelumnya diserahkan ke Gubernur Israan Noor kemudian oleh gubernur melalui Dinas PKH diserahkan ke Masjid Nurul Mu’minin sesuai keputusan Setneg, namun resminya akan diserahkan usai shalat Idul Adha, Selasa (20/7) besok.. “Luar biasa besarnya,” kata Ihsan ketika melihat sapi Banpers Jokowi.

Dijelaskan sapi Banpres Jokowi ini akan disembelih bersamaan dengan sapi sumbangan sejumlah pejabat dan masyarakat diantaranya  Wagub Hadi Mulyadi serta Biro Humas Setda Kaltim.(SK08)


editor@ivan

Penulis Sejak 01 Nov 2020