Politik

Rusman : Peluang Besar Kaltim

Rusman : Peluang Besar Kaltim Ketua Komisi IV DPRD Kaltim Rusman Ya'kub saat di arena COP 26 UNFCCC Glasgow Inggris

SAMARINDA (13/11-2021

               Ketua Komisi IV DPRD Kaltim Rusman Ya’kub mengapresiasi kebijakan Gubernur Isran Noor dalam usaha melakukan perubahan iklim terutama terhadap penurunan emisi namun tidak mengurangi upaya meningkatkan kesejahteraan rakyat.

               Usai mengikuti talk show Gubernur Isran Noor dan  Bupati Berau Sri Juniarsih di Paviliun Indonesia pada COP 26 UNFCCC Glasgow Inggris, (12/11), ia menilai kebijakan Gubernur Isran dan Bupati Sri Juniarsih untuk tetap memperjuangkan kesejahteraan rakyatnya di tengah usaha perbaikan lingkungan harus didukung. “Kebijakan kedua kepala daerah, kita apresiasi karena perubahan iklim merupakan isu internasional yang dapat berdampak kepada usaha pembangunan daerah terutama dalam mensejahterakan rakyat,” kata Rusman Ya’kub.

               Ia menandaskan, pembangunan wawasan lingkungan harus dilakukan namun tidak mengabaikan kepentingan rakyat. Tak heran, Rusman mendukung Gubernur Isran dalam usaha mendapatkan sumber pembiayaan dari luar negeri teruatama dari negara-negara yang berkomitmen tinggi dengan perubahan iklim. “Kaltim merupakan bagian dari NKRI yang sedang membutuhkan biaya atau anggaran besar untuk pembangunannya, disisi lain dana yang diterima terbatas ditambah adanya kewajiban untuk ramah lingkungan sementara SDA Kaltim menjanjikan,” beber politikus PPP ini.

               Terkait adanya beberpa negara seperti Norwegia dan Inggris yang bersedia membantu Kaltim memberikan dana pembangunan dampak dari usaha Kaltim melakukan pengurangan emisi yang tergolong besar, Rusman menilai sebagai peluang besar. “Di Kaltim masih banyak memerlukan dana pembangunan, adanya dukungan sejumlah negara tentu peluang besar sehingga bisa membantu Pemprov Kaltim dalam meningkatkan kesejahteraan rakyat,” ungkapnya.

               Rusman Ya’kub salah satu delegasi Kaltim di COP 26 UNFCCC, salama kegiatan Gubernur Isran, ia aktif terlibat dalam pertemuan yang digelar baik di Kedubes RI di Inggris, termasuk dengan delegasi Norwegia dan Inggris serta Wamen KLH RI.(SK07)

 

editor@ivan

Penulis Sejak 01 Nov 2020