Kutai Timur

PKK Bersinergi Dengan Pemerintah

PKK Bersinergi Dengan Pemerintah Noorbaiti Isran - Ketua Tim PKK Kaltim saat memberikan pengarahan kepada pengurus Tim PKK Kutim

SANGATTA (30/6-2021)

Pengurus Tim Penggerak (TP) PKK Kutai Timur diminta Ketua TP PKK Kaltim Noorbaiti Isran, meningkatkan sinergitas dengan Perangkat Daerah (PD) dalam melaksanakan program sehingga tercipta hubungan harmonis demi mencapai tujuan bersama.

Dihadapan pengurus TP PKK Kutim Periode 2021-2026 yang baru ia lantik, Rabu (30/6),   istri Gubernur Kaltim ini menandaskan TP PKK berfungsi melakukan pembinaan kepada masyarakat dengan cara mengandeng PD seperti Dinas Kesehatan, Dinas Pertanian, dan Badan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak.

Disaksikan Bupati Kutim Ardiansyah Sulaiman yang hadir bersama Wabup Kasmidi Bulang, Sekda Irawansyah, dijelaskan kehadiran TP PKK memberdayakan keluarga dan meningkatkan kesejahteraan keluarga agar terwujud keluarga yang beriman, bertaqwa, berakhlak mulia, berbudi luhur, sejahtera, maju, mandiri. Sadar hukum dan lingkungan, serta kesetaraan dan keadilan gender.

“PKK merupakan mitra pemerintah, selama ini dinas atau instansi pemerintah selalu mendukung kegiatan-kegiatan PKK. Dengan kata lain, lingkup kerja PKK adalah melakukan kerjasama dengan PD,” terangnya seraya berharap PD dan PKK melakukan kesepakatan kerjasama agar jelas dan tidak bermasalah dikemudian hari.

Iapun berharap, pengurus  PKK peka dengan keadaan saat dimana Corona masih merajalela yang dampaknya terhadap ekonomi keluarga. Tak heran, mantan bidan ini menaruh harapan pengurus PKK di semua tingkatan  mempunyai terobosan-terobosan yakni menyesuaikan kebutuhan daerah. “Kreativisa itu  tidak perlu kaku, tapi bisa dilaksanakan sesuai daerah dan cotohnya banyak yang dapat dilakukan,” pesan mantan anggota DPR-RI ini.

PKK diungkapkannya seperti badan  tidak hanya bekerja sesuai Pokja akan tetapi saling menndukung kegiatan Pokja lainnya. Semua itu dapat dilakukan dengan kerjasama yang baik, saling mengisi dan bergandengan tangan demi menyejahterakan masyarakat.

Bupati Kutim  Ardiansyah Sulaiman pada kesempatan ini mengharapkan agar OPD terkait dapat selalu berkoordinasi dengan TP PKK. Dia menyebut tugas PKK sangat luar biasa. Memberdayakan masyarakat, keluarga, kesehatan. Hingga konsen pada upaya meyesejahterakan, meningkatkan kemampuan keluarga dan lainnya.

“PKK bukan organisasi yang tupoksinya wajib dibiayai, tetapi untuk operasionalnya harus didukung. Karenanya terus berkoordinasi dengan PD terkait. Untuk itu bisa di ikat dengan adanya MoU,” jelas Ardiansyah.(SK05)

editor@ivan

Penulis Sejak 01 Nov 2020