Kutai Timur

Kutim Terus Dukung Pembentukan Kutara

Kutim Terus Dukung Pembentukan Kutara Majedy saat menyerahkan dokumen pembentukan DOB Kutara ke Bupati Kutim Disaksikan Ketua DPRD Kutim Joni.(foto Humas Kutim)

SANGATTA (6/4-2021)

                Rencana pembentukan Kabupaten Kutai Utara (Kutara) yang stagnan dalam beberapa tahun terakhir, kembali menjadi pembicaraan antara tim Pembentukan DOB Kutara dengan Bupati  Ardiansyah Sulaiman.

                Saat beraudensi dengan Bupati Ardiansyah, Komite Pembentukan Kutai Utara (KPK)  Kutara menyampaikan sejumlah kendala dan perkembangan terkini proses Daerah Otonomi Baru (DOB) Kutara baik di  pemerintah pusat yang memerlukan koordinasi lebih intensif lagi.

Bupati Ardinasyah  yang memberi dukungan penuh pembentukan Kutara,   menyatakan Pemkab Kutim  mendukung pembentukan Kabupaten Kutara.  Bahkan secara pribadi, ketika menjabat bupati ia sudah memberikan dukungan penuh termasuk alokasi anggaran.

“Dukungan DOB Kutara juga dilanjutkan Bupati Ismunandar  dengan  menyatakan komitmen siap membantu pendanaan, apabila Kutara menjadi DOB. Apabila memang dalam aturan main, bahwa Pemerintah lama wajib membiayai DOB,” kata Ardiansyah  dalam pertemuan yang dihadiri Ketua DPRD Kutim, Joni.

Ketua tim sukses pembentukan Kutara Majedi Effendi, menerangkan  dokumen adiministrasi DOB Kutara sudah dalam progress bahkan masuk ke  Presiden RI. Saat ini menurut dia, statusnya tinggal menunggu Presiden RI menandatangani Peraturan Pemerintah (PP) 78 tahun 2007, mengenai petunjuk teknis pembentukan DOB.

Ia menyebutkan  usulan Kutara menjadi kabupaten termasuk dalam 173 CDOB yang sudah direkomendasikan oleh DPD RI. Di Kaltim ada 6 daerah yang diusulkan secara bertahap, termasuk Kutara. Dia berharap Kutara masuk di tahap pertama.  “Sekarang lagi ramai terkait pemekaran Papua, karena masuk UU Otsus. Kita juga mencoba, karena Kaltim calon IKN (Ibu Kota Negara). Tinggal tunggu PP ditanda tangan Presiden, kalau sudah di tanda tangan otomatis moratorium tercabut dengan sendirinya,” sebutnya.

Kawasan Kutara nantinya membawahi 8 kecamatan yakni Kecamatan Muara Wahau, Kongbeng, Telen, Muara Bengkal, Muara Ancalong, Long Mesangat, Batu Ampar, dan Busang. Sementara calon ibukota Kutara yakni Muara Bengkal.(sK3)

editor@ivan

Penulis Sejak 01 Nov 2020