Advertorial

Dinsos Kaltim Latih Pemuda Peduli Bencana

Dinsos Kaltim Latih Pemuda Peduli Bencana Sejumlah pemuda mengikuti pelatihan di Balikpapan

SAMARINDA (17/11)

Bencana dunia virus corona atau Covid-19 masih terjadi di Benua Etam. Disadari bersama bahwa layanan kesehatan rutin hari ini berupa sumber daya Indonesia baik di bidang kesehatan maupun non kesehatan telah banyak dialihfungsikan untuk penanganan Covid-19. Karena itu, diperlukan gerakan pemuda yang siap turun menjadi relawan bencana tersebut.

"Dalam penanganan kejadian tersebut, dibutuhkan peran pemuda yang siap menjadi pelopor dan relawan siaga bencana. Semuanya ini memerlukan kapasitas, kapabilitas, pengalaman, dan kepeloporan pemuda dalam menangani bencana," kata Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Kaltim HM Agus Hari Kesuma (AHK) ketika membuka pelatihan tanggap bencana pembinaan Purna Paskibraka Indonesia (PPI) se-Kaltim di Balikpapan, Selasa (17/11)

Dihadapan 30 anggota PPI ini, AHK mengatakan, pengalaman simulative dalam menangani bencana yang didapat selama pelatihan akan menjadi sangat berguna dalam situasi yang sesungguhannya.

Di tengah pandemi seperti saat ini, pemuda menjadi pelopor siaga bencana bukan sebuah pekerjaan mudah, apalagi hanya sekedar mengisi waktu yang luang, diperlukan keseriusan menjadi pemuda pelopor siaga bencana. 

"Dibutuhkan kemampuan untuk mengendalikan situasi kebencanaan. Apabila suatu saat turun ke daerah bencana, para pemuda di hadapan saya ini telah siap menangani secara langsung membantu korban bencana," harapnya.

Kabid Pengembangan Pemuda Hardiana Muriyani mengatakan kegiatan berlansung selama tiga hari. Peserta akan dibekali berbagai ilmu pengetahuan yang akan disampaikan narasumber yang berasal dari Dispora Kaltim, Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kaltim, Taruna Siaga Bencana Kaltim, Dinas Kesehatan Kota Balikpapan, PPI Kaltim serta Pemuda Relawan Indonesia  Kaltim.(Humas Kaltim)

editor@ivan

Penulis Sejak 01 Nov 2020