Kalimantan Timur

Kukar dan Kutim Belum Gelar Rapat Paripurna, Balikpapan Belum Ada Kabar

Kukar dan Kutim Belum Gelar Rapat Paripurna, Balikpapan Belum Ada Kabar M Syafranuddin - Kepala Biro Humas Kaltim

Kutim dan Kukar Belum Usulkan Pergantian

 

SAMARINDA (1/2-2021)

                Dua kabupaten yakni Kutai Timur (Kutim) dan Kutai Kartanegara (Kukar) belum menyampaikan usulan terkait pemberhatian dan pengangkatan kepala daerah. Sementara Mahakam Hulu, Kubar, Samarinda, Paser, dan Bontang sudah menyampaikan hasil rapat paripurna DPRD, sedangkan Balikpapan belum ada kabar.

                Kepala Biro Humas Setda Kaltim, M Syafranuddin bersama Kabag Pemerintahan  Biro PPOD Setda Provinsi Kaltim Dra Endang S, Senin (1/2) menerangkan kini Pemprov Kaltim sedang memproses usulan pemberhentian dan pengangkatan kepala daerah. “Informasinya Kutim dan Kukar, Selasa tanggal 2 Februri 2021 besok baru menggelar rapat paripurna DPRD untuk pemberhentian dan pengangkatan kepala daerah,” terang Syafranuddin.

                Terkait daerah yang sudah mengusulkan yakni Mahulu, Kubar, Bontang, Samarinda, Berau dan Paser diakui kini sedang diproses dengan target dalam pekan ini sudah disampaikan ke Mendagri untuk bisa diterbitkan SK Mendagri. “Rapat paripurna DPRD salah satu syarat untuk proses pemberhentian dan pengangkatan kepala daerah terpilih,” timpal Endang.

                Dijelaskan, rapat paripurna DPRD terkait usulan pemberhentian dan pengangkatan kepala daerah berdasarkan pasal 78 ayat 2  huruf a Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 yang menegaskan kepala daerah dan wakil kepala daerah dapat diberhentikan karena berakhir masa jabatannya.

Saat ini Pemprov Kaltim menjadwalkan pelantikan 5 kepala daerah hasil Pilkada Tahun 2020 pada Rabu (17/2) mendatang. Penetapan ini,  sesuai dengan masa bakti kepala daerah hasil Pilkada 2015. Kelima daerah yang dipersiapkan pelantikannya yakni Samarinda, Kukar, Kutim, Berau, Mahakam Ulu, serta Paser. “Masih dipertimbangkan dimana lokasi upacara pelantikan nanti, sementara Biro Humas sudah mempersiapkan tim untuk mensukseskan pelantikan yang ditunggu-tunggu banyak pihak ini,” ungkap mantan Kabag Humas Kutim ini.(sK06)

editor@ivan

Penulis Sejak 01 Nov 2020