Kutai Timur

Ivan : Orang Humas Jangan Berharap Pujian

Ivan : Orang Humas Jangan Berharap Pujian M Syafranuddin - Kepala Biro ADPIM Setda Kaltim saat menyampaikan materi tentang kehumasa kepada Mahasiswa Ilkom Fisipol Unmul.

 

SAMARINDA (1/4-2022)

               Seorang Public Relation (PR) atau Hubungan Masyarakat (Humas) jangan berharap mendapat pujian namun harus siap hal yang tak terduga. Karenanya, seorang PR harus mampu mengolah informasi, data dan komunikasi dengan baik sehingga membuat citra  baik.

               Di era digital saat ini, sebut Kepala Biro Administrasi Pimpinan (ADPIM) Setda Kaltim, M Syafranuddin, tugas Humas lebih berat karena informasi dengan mudah tersebar sehingga ada pihak-pihak yang memanfaatkan kekurangjelian masyarakat menerima informasi sehingga berdampak terhadap citra organisasi, lembaga pemerintah termasuk pimpinan organisasi.

               Dihadapan 50 orang mahasiswa Studi  Ilmu Komunikasi (Ilkom) Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Mulawarman pada Jumat (01/4), pria yang akrab disapa Ivan ini mengemukakan seorang PR sejati tidak pernah memikirkan pujian darimanapun tetapi akan bahagia jika pesan yang disampaikan diterima dan dimengerti publik.

               Dengan gaya yang santai, pemegang Kartu Utama PWI dan Sertifikat Kompetensi Wartawan Tingkat Utama ini, mengajak mahasiswa Ilkom Fisipol Unmul untuk terus menggali dan memahami akan tugas Humas sebagai garda terdepan komunikasi dan informasi organisasi.

               Dalam paparannya berjudul Biro Adpim Setda Kaltim Jembatan Komunikasi Menuju Kaltim Berdaulat, diungkapkan jajaran Biro ADPIM yang dulu dikenal Biro Humas, terus berusaha untuk memberikan layanan kepada masyarakat terlebih kalangan pers yang merupakan mitra kerja paling depan. “Kalau dengan pers, jangan pelit informasi kalaupun pahit sampaikan namun lakukan komunikasi yang baik agar ada pemahaman bersama,” pesannya kepada peserta kuliah lapangan Ilkom Fisipol Unmul yang kesemuanya mahasiswa angkatan Tahun 2020 dalam acara yang digelar di Kantor Gubernur Kaltim.

               Ivan yang pernah mengenyam pendidikan di Fisipol Unmul, sempat mengungkapkan pengalamannya semasa menjadi pegawai Humas Pemda Kutai dengan gaji Rp5 ribu hingga menjadi wartawan disejumlah media massa baik di Kaltim, Jatim dan Jakarta. “Kerja orang Humas sama dengan wartawan,  bangga dan senang jika bisa menjaga citra pimpinan dan organisasi,” ungkapnya.

               Rombongan mahasiswa Ilkom Fisipol Unmul  yang datang menggunakan jaket khas Unmul, dipimpin  Hairunisa sebagai  Dosen Pengampu. “Terima kasih diberikan kesempatan untuk mendengar dan belajar bagaimana Biro ADPIM Setda Kaltim  dalam menjalankan fungsinya  sebagai perpanjangan tangan pemerintah dalam hal pemberitaan dan publikasi dalam branding Pimpinan," jelas Hairunisa dalam acara yang dipandu Husin Labb- Plh Kabag Materi Komunikasi Pimpinan (MKP) Biro ADPIM Setda Kaltim.(SK03)

editor@ivan

Penulis Sejak 01 Nov 2020