Nasional

Isran Senang Perjuangan Sultan Muhammad Idris Diakui Pemerintah

Isran Senang Perjuangan Sultan Muhammad Idris Diakui Pemerintah Sultan Muhammad Idris

Isran Senang Sultan Aji Muhammad Idris Menjadi Pahlawan Nasional

LONDON (8/11-2021)

               Ditetapkanya Sultan Aji Muhammad Idris menjadi Pahlawan Nasional oleh Presiden Jokowi, membuat Gurbenur Kaltim Isran Noor, bangga. Penetepan Sultan Kutai Kartanegara sebagai Pahlawan Nasional, diakui Isran menandakan perjuangan rakyat Indonesia merata saat memperjuangkan, maupun mempertahankan kemerdekaan.

               Dari London – Inggris, pria yang sudah mengabadikan  Raja  Kutai Kartanegara di beberapa tempat diantaranya di KAL Kundungga, RSU Kudungga dan Stadion Kudungga di Sangatta ini, berharap dengan penetapan Sultan Aji Muhammad Idris semakin menggelorakan semangat warga Kaltim untuk lebih mencintai NKRI. “Pemberian gelar pahlawan nasional bagi Sultan Muhammad Idris merupakan pemicu bagi kita sebagai warga Kaltim, karena gelar yang diberikan presiden itu merupakan kebanggaan warga Kaltim,” ujar Isran Noor.

               Kedepan, lanjut Isran Noor, ia  akan membuat sejumlah kebijakan terkait Sultan Muhammad Idris seperti mengabadikan namanya pada fasilitas umum apakah gedung, jalan. Selain itu, ia juga minta sejarah perjuangan Sultan Muhammad Idris digali dan dibuat buku agar menjadi bagian sejarah Indonesia. “Sebagai penghormatan Pemprov dan Rakyat Kaltim, kedepan diprogramkan untuk penetapan fasilitas umum dengan nama Sultan Muhammad Idris serta menggali sejarah perjuangannya untuk dibuat buku sejarahnya,” tandasnya.

Presiden Joko Widodo  menganugerahkan gelar pahlawan nasional kepada Sultan Aji Muhammad Idris, setelah melalui beberapa tahapan kajian dan penelitian sehingga diterbitkan Keppres Nomor 109 TK/2021 tentang penganugerahan pahlawan nasional.

Gelar pahlawan nasional  akan diserahkan Presiden Jokowi kepada Sultan Kutai Kartanegara Ing Martadipura XXI, Sultan Adji Muhammad Arifin, sebagai ahli wahrisnya, Rabu (10/11) besok di Istana Negara bertepatan dengan Peringatan Hari Pahlawan.(SK09)

 

editor@ivan

Penulis Sejak 01 Nov 2020