Kalimantan Timur

Isran Bangga : Swath Robin Dibuat di Anggana, Beroperasi di Maldivies

Isran Bangga : Swath Robin Dibuat di Anggana, Beroperasi di Maldivies Swath Robin Ketika Berada di Depan Kantor Gubernur Kaltim. (Foto Humas Kaltim)

SAMARINDA (16/7-2021)

Kemampuan putra Kaltim tidak diragukan dalam membuat kapal, terbukti sebuah kapal pesiar mampu mereka buat. Hebatnya kapal yang saat ini berada di Sungai Mahakam akan beroperasi di Maldives sebuah negara kecil yang mengutamakan sektor pariwisata.

Kapal yang dibuat  PT Allvina Prima dengan nama SWATH Robin ini , Jumat (16/7) diresmikan Gubernur Kaltim Isran Noor disaksikan  Ridwan Najjar  sang perancang Small Waterplane Area Twin Hull (SWATH)  Robin. “Kapal ini sungguh membanggakan Kaltim, karena lewat kapal Swath Robin ini nama Kaltim dikenal dunia internasional terlebih kapal ini nantinya dioperasikan di Maldives sebuah negara yang mengutamakan sector pariwisata,” ujar Gubernur Isran Noor.

Meski diguyur hujan, Isran tampak antusias untuk melihat langsung kapal seharga Rp28 miliar ini. Maklum saja, kapal yang pekerjaanya melibatkan 150 orang ini, kemewahannya tak kalah dengan kapal pesiar yang ada selama ini. 

Menurut Ridwan Najjar, kapal yang ia buat digerakan mesin berkekuatan 600x2 horse power (HP). Dengan kekuatan mesin yang maksimal itu, membuat kapal berlantai 4 ini nyaman dioperasikan baik di sungai maupun laut bebas.

Kapal model Small Waterplane Area Twin Hull (SWATH) yang pertama kali dibuat di ASIA Tenggara. Keunikan kapal ini, ujar Ridwan,  dibangun dengan model twin hull yakni menggunakan dua pengapung berbentuk torpedo  selain itu  lebih aman saat berlayar dengan kecepatan tinggi. 

Dengan bangganya, Ridwan menyebutkan kapalnya yang sudah dipesan seorang pengusaha di Maldives didesain lebih untuk mudah penumpang  yang hobi menyelam karena lantai bisa diatur sesuai keadaan air. "Kapal ini menggunakan model twin hull jadi lebih aman, karena kurang menahan air dimana bagian bawah  seperti torpedo," ungkap pria yang akrab dengan laut seraya menambahkan galangan kapal pembuatan SWATH Robi yakni Kecamatan Anggana Kutai Kartanegara.(SK07)


editor@ivan

Penulis Sejak 01 Nov 2020