Kalimantan Timur

Gedung Baru, Disperindagkop Kaltim Tambah Semangat

Gedung Baru, Disperindagkop Kaltim Tambah  Semangat Gubernur Kaltim Isran Noor saat meninjau kegiatan di Dinas Perindagkop dan UMK Kaltim.

SAMARINDA (26/4-2022)

                Gedung Kantor Dinas Perindag dan UKM Kaltim diharapkan Gubernur Isran Noor mampu meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, terutama mampu mendorong semangat pelaku usaha untuk mengembangkan usahanya.

“Gedung baru ini, semoga bermanfaat dan berguna bagi pelayanan kepada masyarakat dan pelaku usaha dalam rangka peningkatan perekonomian Kaltim," kata Isran sebelum menandatangani prasasti peresmian.

Isran patut menaruh harapan kepada Dinas Perindagkop Kaltim, selain gedung yang ia resmikan tergolong mewah, saat ini kondisi ekonomi masyarakat terhempas akibat serbuan Virus Corona sejak tahun 2020.

Gedung ini dibangun dengan biaya Rp53 M, tentu suatu angka besar namun merupakan investasi jangka panjang dalam bentuk pelayanan kepada masyarakat dan para pelaku usaha.  “Petugas pelayanan dan uji laboratorium serta kalibrasi UPTD Balai Pengujian dan Sertifikasi Mutu Barang menyebutkan  tahun lalu dari uji laboratorium dan kalibrasi itu diperoleh penerimaan sebesar Rp 700 juta, jika itu dibandingkan dengan nilai bangunan tenyu jauh tapi bila dilihat   manfaat ekonomi dalam rangka pelayanannya selaras,” ungkapnya.

 Kepala Disperindagkop dan UKM Kaltim M Yadi Robyan Noor mengawali laporannya menyebutkan berbagai capaian bidang industri, perdagangan dan koperasi. Iapun berjanji, dengan gedung baru ia dan jajarannya  semakin meningkat dan lebih prima terutama membantu pencapaian visi dan misi Kaltim Berdaulat 2019-2023.

Pada tahun 2021, ujar Roby,  sharing omzet UMKM terhadap PDRB mencapai Rp54 triliun, sedangkan tahun 2022 ditargetkan mampu mencapai Rp58 triliun. Kemduoan pada tahun 2023 dengan prediksi ekonomi yang terus membaik target sharing UMKM terhadap PDRB diperkirakan menyentuh angka Rp76 triliun. "Kita ingin memastikan, meski pandemi semua aktivitas produksi barang dan jasa tetap bergerak positif di Kaltim," bebernya dalam acara yang dihadiriu berbagai kalangan diantaranya pelaku usaha.(SK07)

editor@ivan

Penulis Sejak 01 Nov 2020