Kalimantan Timur

Diddy : Jabatan Struktural Pemprov Kaltim Bertahap Dihapus

Diddy : Jabatan Struktural Pemprov Kaltim Bertahap Dihapus Sejumlah pejabat Pemprov Kaltim yang dilantik Gubernur Kaltim Isran Noor pada Kamis (14/4) kemarin, diantaranya pejabat fungsional disejumlah OPD.

SAMARINDA (15/4-2022)

                Secara bertahap, sejumlah jabatan khususnya esselon III dan IV Pemprov Kaltim bakal menghilang seiring dimaksimalkannya jabatan  fungsional sebagaimana diharapkan Menpan dan Reformasi Birokrasi.

Kepala BKD Kaltim Diddy Rusdiansyah, usai pelantikan 154 pejabat Pemprov Kaltim, Kamis (14/4)  menerangkan ada pejabat fungsional yang belum dilantik sementara posisinya terbilang penting guna menunjang tugas kedinasan.  

“Pengangkatan jabatan  fungsional terus dilakukan sesuai dengan kajian, sesuai dengan kondisi dan formasi tersedia. Perubahan status, mengharuskan semua pejabat struktural dialihkan ke jabatan fungsional sehingga ada dilakukan beberapa kali pelantikan,” terang Diddy seraya menambahkan sudah 200 orang diangkat menduduki jabatan fungsional.

Diddy menambahkan setiap OPD memiliki pejabat fungsional tersendiri sesuai analisis jabatan dan beban kerja. “Artinya ada atau tidaknya pejabat fungsional di OPD  tergantung  kebutuhan, selain itu disesuaikan dengan tugas pokok dan fungsinya,” beber mantan Kadis Kominfo Kaltim ini.

                Menyinggung gaji dan tunjangan, dijelaskannya menjadi beban OPD demikian pula besarannya  semua menjadi  kebijakan masing-masing  OPD. Diddy menegaskan, pejabat fungsional mempunyai beban kerja lumayan berat karena semua ada target kerja yang harus dipenuhi jika tidak akan berpengaruh terhadap kinerjanya. “Terlambat melakukan capaian kinerja, berdampak juga terhadap tunjangan dan kenaikan pangkatnya. Jika bagus, maka tentu akan bagus yang diperoleh seperti kenaikan pangkat bisa lebih cepat,” bebernya.(SK08)

editor@ivan

Penulis Sejak 01 Nov 2020