Kutai Timur

Berkat KUD, PADES Tepian Langsat Capai Rp600 Juta

Berkat KUD, PADES Tepian Langsat Capai Rp600 Juta Penyerahan PADES Desa Tepian Langsat

SANGATTA (27/11-2020)

                Menjelang berakhirnya masa tugasnya sebagai Pjs Bupati Kutim, Jauhar Effendi tampak senang mengetahui Desa Tepian Langsat Kecamatan Bengalon, berhasil mengelola desanya bahkan telah menetapkan Pendapatan Asli Desa (PADES) dari Koperasi Tepian Prima Sawit sebesar Rp600 juta.

“Dari 841 desa yang ada di Kaltim, Desa Tepian Langsat menjadi penghasil PADes terbanyak, karenan Desa Tepian Langsat  bisa dicontoh oleh desa-desa lain. PADes mereka bisa mencapai Rp 600 juta, malah ke depan ditarget Rp 800 juta, itu merupakan yang terbanyak,” kata Jauhar Effendi yang pernah menjadi Kepala Bapemas Kaltim.

Jauhar menjelaskan,  semakin tingginya PADes artinya membuat desa tersebut tidak banyak bergantung pada DD dan ADD sehingga banyak  prestasi dan program yang dapat ditorehkan dengan memaksimalkan anggaran yang ada.

Kepala Desa Tepian Langsat Zeky Hamzah menjelaskan  sumber pendapatan daerah di desanya paling tinggi dari setoran Koperasi Unit Desa (KUD) Tepian Prima Sawit. Menurutnya, banyak pembangunan yang didukung langsung oleh koperasi ini, hingga berdampak pada kesejahteraan masyarakat daerah.

“Koperasi ini merupakan salah satu KUD yang kompeten di Kaltim. Banyak yang mereka berikan pada masyarakat desa. Kontribusi lahan untuk sekolah ini, lapangan voli, pambangunan aula, pembelian lahan kecamatan, hingga jembatan, KUD Tepian Prima Sawit  membantu desa,” ujarnya. (03)

 

 

editor@ivan

Penulis Sejak 01 Nov 2020