Kalimantan Timur

Balikpapan Sudah, Sangatta Baru Mau Kering, Samarinda Giliran Kembali Kebanjiran

Balikpapan Sudah, Sangatta Baru Mau Kering, Samarinda Giliran Kembali Kebanjiran foto banjir di Samarinda

SAMARINDA (23/3-2022)

Banjir tampaknya suka pindah-pindah, akibat hujan yang deras, Kota Balikpapan (Rabu (16/3) dilanda banjir, tiga hari kemudian Sangatta – Kutai Timur, lalu Rabu (23/3) giliran Samarinda yang diterjang banjir termasuk kawasan Tanah Datar.

BPBD Kaltim, terang  Yudha Pranoto – Kepala BPBD Kaltim, mencatat ada 1.722 rumah di Samarinda yang terendam. Di Samarinda banjir terjadi Selasa (22/3)  hingga Rabu malam, penyebabnya hujan dengan intensitas tinggi dengan berlangsung lama.

 Bersaama  Kasi Kedaruratan Sugeng Priyanto, dijelaskan banjir di Samarinda menyebabkan    3.208 kepala keluarga atau 13.447 warga di 3  Samarinda Utara, Sungai Pinang dan Samarinda Ulu terkena dampaknya, karena ada  1.722 unit rumah terendam. "Pemicu pertama memang intensitas dari La Nina, kedua kondisi air laut sedang  pasang, sehingga air lambat menuju laut," beber mantan Kepala Badan Kesbangol Kaltim ini.

Diakui, banjir di Samarinda kerap terjadi jika intensitas hujan lebat sementara jalur air belum maksimal. Beberapa titik banjir di Samarinda, dijelaskanya antara lain Simpang Lebus Suwana, Sekitar Alayya, Sempaja dan Pemuda serta sekitar Jalan A Yani. “Hujan sejam rata-rata beberapa lokasi langganan banjir langsung banjir, kalau laut tidak pasang surutnya cepat tapi jika pasang akan meyebabkan banjir,” ungkapnya serauya berharap masyarakat selalu waspada dengan banjir.(SK02)

editor@ivan

Penulis Sejak 01 Nov 2020