Kutai Timur

Kadis Pertanian Kaltim Panen Pisang Gerecek di Ranpul

Kadis Pertanian Kaltim Panen Pisang Gerecek di Ranpul Meski harus melewati lahan yang terendam air, Kadis Pertanian Kaltim tetap semangat menuju lokasi panen pisang Gerecek.

SANGATTA (20/1-2021)

Mendukung pengembangan tanaman pangan dan hortikultura, Dinas Pangan Tanaman Pangan dan Hortikultura (DPTPH) Kaltim, Rabu (20/1) menyerahkan  bantuan alat mesin pertanian (Alsintan) berupa alat angkut, pompa air, embung, dan rumah kompos ke UPT Balai Benih Induk Hortikultura (BBIH) Rantau Pulung.

Bantuan yang diserahkan Kadis PTPH Kaltim Siti Farisyah Yana, diharapkan mampu meningkatkan kinerja UPT BBIH Rantau Pulung dalam melakukan pembinaan kepada petani. Penyerahan Alsintan yang dihadiri Kadis Pertanian Kutim, Sugiono dan Camat Mulyono ini, dirangkai dengan panen perdana Pisang Kepok Varietas Grecek, penanaman Jahe Merah dan Kelengkeng. “Perlu komitmen stakeholder di Kecamatan Rantau Pulung dalam tiga tahun kedepan untuk pengembangan berbagai komoditi lain, setidaknya daerah harus memiliki cadangan pangan guna menjaga rawan pangan dan pencegahan stunting," kata wanita yang belum lama memimpin Dinas PTPH Kaltim.

Kadis PTPH yang akrab disapa Yana ini, menyatakan meningkatkan nilai tambah petani, perlu kehadiran  eksportir dari Kutai Timur. Namun, wanita yang menyandang gelar Doktor ini, juga mengakui masalah pertanian pangan perlu ketegasan semua pihak agar terjamin sehingga bisa memastikan keberlanjutan kegiatan dan lahan pertanian. "Perlu keberlanjutan kegiatan, terutama setelah mendapatkan bantuan dari pemerintah agar tidak terjadi pemborosan uang negara," bebernya.

Kepala UPT BBIH Kecamatan Rantau Pulung Katrina Bungan mengungkapkan potensi pertanian di eks kawasan transmigrasi ini. Diakui, Ranpul merupakan daerah pertanian yang ikut menjaga ketersediaan pangan di Sangatta.(sK04)


editor@ivan

Penulis Sejak 01 Nov 2020