Pendidikan

Isran Noor : Tidak Boleh Ada KKN di BKT, BPK dan Itwil Lakukan Pengawasan

Isran Noor : Tidak Boleh Ada KKN di BKT, BPK dan Itwil Lakukan Pengawasan data Beasiswa Kaltim Tuntas yang diprogramkan Gubernur Isran Noor

SANGATTA (25/3-2021)

Gubernur Kaltim  Isran Noor berharap masyarakat Kaltim terutama yang sedang menempuh pendidikan dengan prestasi tinggi, bisa mendaftar sebagai calon penerima Beasiswa Kaltim Tuntas (BKT) tahun 2021.

Harapan itu, ia kemukakan saat  meresmikan Pendaftaran Beasiswa Kaltim Tuntas (BKT) 2021, Kamis (25/3). Bersama sejumlah pejabat diantaranya  Sekda Prov Kaltim M  Sa’bani, Kepala BPK RI  Perwakilan Kaltim Dadek Nandemar, Kepala Kanwil Kemenag Kaltim H Masrawan,  dan Ketua Badan Pengelola (BP) BKT Iman Hidayat, diharapkan bagi mahasiswa dan pelajar Kaltim memanfaatkan beasiswa Pemprov Kaltim ini sebaik mungkin. Namun,  masyarakat harus dapat memahami dan menerima bahwa tidak semua pendaftar beasiswa dapat diterima melewati proses seleksi ketat. “Tidak ada titipan-titipan, semua sesuai standar dan aturan yang berlaku,” terang Isran.

Ia minta,  BP-BKT lebih intensif dalam mensosialisasikan dan mempromosikan program BKT agar masyarakat dapat menerima informasi beasiswa dengan baik dan bisa mengikuti proses pendaftarannya melalui website www.beasiswa.kaltimprov.go.id.  “Sosialisasikan dan promosikan lebih luas ke masyarakat di seluruh penjuru Kaltim, apalagi kita berada di era teknologi dan informasi yang sangat maju. Sehingga dapat dengan mudah untuk menyampaikan informasi ini kepada masyarakat. Gunakan media sosial milik pemerintah daerah sebagai alat untuk sosialisasinya,” harapnya orang nomor satu di Pemprov Kaltim ini.

BKT yang dicanangkan Isran dan Hadi untuk memperkuat peningkatan kaulitas SDM warag Kaltim. Program yang menjadi bagian dari Kaltim Berdaulat ini, ia harapkan  mulai tahap  pendaftaran, seleksi, penetapan penerima hingga penyaluran beasiswa  melibatkan BPK  untuk melakukan pengawasan. 

Isran tidak mau, anggaran yang tergolong besar  bahkan di atas Rp165 miliar setiap tahunnya sejak 2019, benar-benar tepat sasaran. “Ini  tidak bisa main-main, tidak boleh ada KKN termasuk meminta memo dari gubernur. Jadi ini murni melalui proses seleksi yang dilakukan oleh badan pengelola,” tandasnya.

Program  BKT 2021, pada tahap awal yakni pendaftaran yang berkahir pada tanggal  12 Mei 2021 mendatang. Untuk memudahkan calon penerima, tim melakukan pembagian waktu kegiatan terutama bagi operator Dinas Pendidikan dan Kemenag kabupaten/kota bisa menginput data sekolah  tanggal 19 – 24 Maret 2021, demikian dengan  operator  sekolah diberikan waktu untuk menginput data siswa calon penerima BKT.(sK07)


editor@ivan

Penulis Sejak 01 Nov 2020