Nasional

Wagub Ikuti Sidang Pleno SDA Se Indonesia

Wagub Ikuti Sidang Pleno SDA Se Indonesia Sidang pleno SDA yang digelar melalui Vicon

SAMARINDA (1/3-2022)

Wakil Gubernur Kaltim  Hadi Mulyadi menaruh harapan  Sidang Pleno Dewan Sumber Daya Air (SDA) Nasional tahun 2022 yang dibuka Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Indonesia Airlangga Hartarto, memberi arti penting bagi pembangunan IKN dan kawasan Kaltim lainnya.

Bersama  Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah (Sekdaprov) Kaltim Riza Indra Riadi dan Kepala Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang dan Perumahan Rakyat Kaltim Aji Muhammad Fitra Firnanda, disebutkan masalah air saat ini menjadi hal terpenting bagi Kaltim.

Sebelumnya Menko Perekonomian Airlangga Hartarto menyebutkan sidang pleno SDA merupakan amanat pasal 16 Peraturan Presiden Nomor 10 Tahun 2017. Sidang pleno, terang Airlangga,   beberapa hal, pertama kesepakatan terhadap usul rencana kerja Dewan SDA Nasional tahun 2022, dan  kedua, kesepakatan terhadap usulan pembentukan panitia pelaksanaan rencana kerja SDA tahun 2022 kemudian pengesahan rekomendasi strategis pengelolaan sumber daya air dalam mendukung peningkatan produksi pangan berkelanjutan.

Selain itu, pengesahan rekomendasi penanganan masalah pesisir pantai khususnya Pantai Utara Pulau Jawa. Setelahn itu,  rekomendasi lingkungan sumber daya air untuk program pengembangan food estate dan  peningkatan rekomendasi pembangunan prasarana sumber daya air di tengah pandemi Covid-19.

Ia berharap,  beberapa materi telah dibahas  tim teknis sehingga diharapkan  sidang  dapat menyepakati dan menetapkan sebagai agenda yang harus dilaksanakan. "Materi substansi yang telah disepakati akan diputuskan dalam sidang pleno ini, dan menjadi bahan pertimbangan bagi Presiden dan juga untuk ditindaklanjuti oleh seluruh stakeholder sesuai dengan tugas dan fungsinya masing-masing kementerian dan lembaga," tandas Airlangga.(SK03)

editor@ivan

Penulis Sejak 01 Nov 2020